Teori penawaran dan
permintaan (bahasa Inggris: supply and demand) dalam ilmu ekonomi, adalah
penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan
penjual dari suatu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk
menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting
untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para
pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model
dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang
kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang
diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga
terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini
mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,
yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari
permintaan atau penawaran.
PENGERTIAN PERMINTAAN
Pemintaan adalah
sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan pada saat waktu
tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan penawaran adalah sejumlah barang yang
dijual atau yang ditawarkan pada suatu harga dan pada saat waktu tertentu.
Apabila dilihat dari
daya beli konsumen permintaan dibagi menjadi 3, yaitu:
a.
Permintaan Efektif
Permintaan efektif
maksudnya yaitu permintaan konsumen terhadap barang dan jasa didukung dan
disertai dengan daya beli.
b.
Permintaan Absolut
Permintaan absolut ini
kebalikan dari permintaan efektif, yaitu permintaan konsumen yang tidak
didukung dan tidak disertai oleh daya beli namun hanya angan-angan.
c.
Permintaan Potensial
Permintaan potensial
ini berbeda dengan permintaan efektif dan permintaan absolute, mengapa? Karena
permintaan potensial yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang
dimilikinya.
Permintaan tidak hanya
dilihat dari daya beli konsumen tapi permintaan juga dapat dilihat dari segi
permintaan individu. Sedangkan yang dimaksud dengan permintaan individu adalah permintaan
yang datang dari seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.
Permintaan individu
ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut:
Harga
Harga yaitu merupakan
unsur utama yang mempengaruhui seseorang untuk membeli suatu produk, jika harga
pokok itu semakin meningkat maka konsumen tersebut akan berusaha mengurangi
pembelian produk.
Pendapatan
Pendapatan akan
meningkat maka permintaan pun akan meningkat, tapi apabila seseorang mempunyai
pendapatan yang menurun atau bahkan dikeluarkan dari pekerjaan dan tidak mempuyai
pendapatan maka kita akan mengurangi permintaan kita.
Apabila barang lain
yang berkaitan mengalami penurunan maka orang akan memilih barang tersebut
daripada barang yang akan dibeli.
Selera
Apabila seseorang
menyukai novel, maka dia akan membaca novel setiap hari sebelum dia tidur
daripada membaca komik.
Ekspetasi
Ekspetasi sangat
berpengaruh pada niat seseorang untuk membeli suatu barang atau jasa.
Antara permintaan dan
penawaran dalam setiap transaksi perdagangan pun pasti ada permintaan dan ada juga
penawara, harga dan kuantitas yang satu sama lain saling mempengaruhi, mengapa?
Karena dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang
saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan
kuantitas (jumlah barang).
PENGERTIAN PENAWARAN
Penawaran adalah jumlah
barang atau jasa yang akan dijual pada suatu saat dengan harga tertentu dengan
anggapan faktor-faktor yang lain tetap (Ceteris Paribus). Atau penawaran adalah
sejumlah barang yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam
suatu pasar pada waktu tertentu.
Apabila dilihat dari
golongannya penawaran terbagi menjadi dua, yaitu:
a.
Penawaran Individu
Dimana penawaran
individu ini adalah penawaran yang dimiliki oleh seorang penguasa.
b.
Penawaran besar atau kolektif
Yang dimaksud dengan
penawaran besar atau kolektif yaitu penawaran yang terdapat pada pasar.
SUMBER
0 komentar:
Posting Komentar